Email kami : elektro@teknik.untan.ac.id

Detail Berita

TIM ROBOT FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

Dunia robotika saat ini telah berkembang begitu pesat seiring dengan kemajuan teknologi dibelahan dunia. Negara-negara maju dan berkembang  menggunakan robot dalam berbagai aktivitas sehari-hari untuk mempermudah pekerjaan manusia. Mulai dari hal yang sederhana hingga cukup rumit. Berbagai penelitian dan kompetisi robot telah diadakan diberbagai perguruan tinggi baik di Indonesia maupun di luar negeri sehingga terbentuklah Tim Robot Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

            Tim Robot Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura merupakan tim robot yang terbentuk pada tahun 2012 yang berkedudukan di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura. Tim Robot Universitas Tanjungpura memiliki 2 divisi yang masih aktif hingga saat ini yaitu, divisi KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia) dan divisi KRSRI (kontes Robot Sar Indonesia). 

            Tim Robot Universitas Tanjungpura telah ikut serta dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud sejak tahun 2012 beberapa pengehargaan yang telah diraih oleh Tim Robot FT – UNTAN antaranya: Juara II Nasional KRCI Divisi Beroda di Bandung pada tahun 2012. Pada Kontes Robot Indonesia 2017 Tim Robot Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Berhasil Meraih Juara III Regional 2 Divisi KRPAI Berkaki dan berhasil lanjut sebagai finalis ketingkat Nasional. Pada Kontes Robot Indonesia 2020, Tim Robot Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura berhasil di tingkat Regional dan lolos sebagai finalis ketingkat Nasional pada Divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI). Pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021, Tim Robot Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura juga lolos sebagai di tingkat regional dan lolos sebagai finalis ditingkat Nasional pada Divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI).

            Tujuan Tim Robot Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura hingga saat ini terus melakukan riset dan pengembangan robot serta peningkatan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh Tim Robot Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura sebagai upaya meningkatkan prestasi dan kualitas sumber daya manusia Universitas Tanjungpura khususnya di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.

            Pada tahun 2022 Tim Robot Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura aktif mengikuti kegiatan yang di selenggarakan oleh Kemendikbud dalam kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) adapun kegiatan yang dilakukan oleh Tim Robot Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura saat mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022 sebagai berikut:

  1. Proses Pembuatan robot KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia)

            

  1. Proses pembuatan robot KRSRI (Kontes Robot SAR Indonesia)

           

3. Suasana pertandingan divisi robot KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola)

           

4. Suasana Pertandingan divisi robot KRSRI (Kontes Robot SAR Indonesia)

 

 

            Hingga saat ini Tim Robot Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura terus melakukan pengembangan agar kedepanya Tim Tim Robot Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura bisa lebih baik lagi dan menciptakan prestasi – presetasi baru di setiap kegiatan yang diikuti serta dengan adanya artikel ini semoga semakin banyak mahasiswa/i yang tertarik dan ingin belajar lebih jauh mengenai robot.

Bagikan ke :